Jumat, 13 Juni 2014

Echinoadermata (Kelas Holonthuroide)



   Kelas Holonthuroidea (Gr. Holothurion = mentimun laut)
Contoh: Curcumaria frondosa
a.       Struktur Tubuh
            Bentuk hewan dewasa bulat, panjang, oval, atau menyerupai cacing dewasa dengan warna tubuh yang bermacam-macam. Tidak mempunyai: lengan, pediselaria, dan duri. Mulutnya dikelilingi oleh 10-13 buah tentakel yang dapat dikeluar-masukan. Dinding tubuh terdiri atas otot sirkular dan otot longitudinal dan ditutupi oleh kutikula Epidermis tanpa silia. Kaki tabung terdapat di sepanjang garis longitudinal. Pada bagian ventral hanya mempunyai tiga buah kaki tabung. Bagian vertal yang sering berubah menjadi segmen. Segmen tersebut disebut sole. Rongga selom besar dan tidak terbagi menjadi beberapa belahan. Rongga selom diisi dengan cairan selom dan mengandung beberapa selomicit.
b.      Sistem Pencernaan Makanan
            Makanan berupa zat/partikel organic yang diambil oleh tentakelnya. Saluran pencernaan makanan terdiri atas: mulut, esophagus, lambung (berbentuk oval), usus, kloaka, dan anus.

c.       Sistem Respirasi
            Pernafasan dilakukan oleh bagian-bagian: tentakel, kaki tabung (kaki ambulakral), dinding tubuh, kloaka, dan pohon respirasi.
d.      Sistem Pembuluh Air
            Sistem pembukuh air atau sistem ambulakrum sama dengan sistem pembuluh air pada Echinodea, hanya pada saluran cincin terdapat sejumlah vesikula poli (=kantung yang menggantung dalam rongga tubuh, berfungsi untuk memperluas dari sistem pembuluh air).
e.       Sistem Syaraf
            Terdiri atas cincin syaraf yang terletak di bagian oral dengan 5 syaraf radial.
f.       Organ Sensoris
            Organ sensoris digunakan untuk menerima rangsangan sentuhan, membedakan  gelap dan terang dan pada beberapa spesies mempunyai  statosista.
g.      Sistem Reproduksi
            Jenis kelamin terpisah, beberapa spesies hermaprodit. Fertilisasi eksternal. Larvanya disebut auricularia.
h.      Perilaku
            Mentimun laut bergerak dengan mengguanakan kaki tabung dan konstraksi otot sirkular dan longitudinal yang terdapat pada dinding tubuhnya

Tidak ada komentar:

Posting Komentar